Selasa, 10 September 2019

Pasang Diskon Tiket Kereta Api Hingga 50%, Yuk Cek Persyaratannya

Liburan dengan menggunakan kereta memang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan kereta, kita bisa duduk santai ditambah fasilitas lengkap yang telah disajikan. Dilihat dari banyaknya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta, PT. KAI sebagai operator kereta Api di Indonesia selalu berusaha untuk memberikan inovasi layanan terbaiknya, mulai dari fasilitas tempat duduk hingga harga Tiket Kereta Api yang semakin terjangkau.

KAI Berikan Reduksi Tarif Untuk Tiket Kereta Api di Beberapa Golongan
Pada kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh PT. KAI Indonesia, disebutkan bahwa PT. Kereta Api Indonesia memberikan alternatif tiket kereta api dengan reduksi tarif bagi calon penumpang. Namun tidak semua calon penumpang bisa mengklaim reduksi tarif ini, golongan yang berhak atas kebijakan ini ialah golongan lansia, TNI, Polri, LVRI, dan wartawan dengan masing-masing syaratnya adalah sebagai berikut .

1. Golongan Lansia
Seperti yang telah diumumkan oleh PT. Kereta Api Indonesia, yang berhak untuk mendapatkan reduksi tarif salah satunya adalah golongan lansia. Masyarakat lansia tersebut haruslah mendaftarkan kartu identitas terlebih dahulu, serta berusia 60 tahun atau lebih saat tanggal keberangkatan. Diskon yang akan didapatkan oleh golongan lansia ini sebesar 20% untuk semua kelas kereta setiap harinya.

2. Anggota TNI aktif atau Siswa Pendidikan TNI
Baik yang sudah menjadi anggota TNI aktif atau masih siswa pendidikan TNI, termasuk dalam golongan yang bisa mendapatkan reduksi tarif tiket kereta api ini. Anggota TNI perlu mendaftarkan kartu anggota TNI atau surat keterangan siswa pendidikan TNI. Besarnya reduksi yang didapatkan terbagi menjadi dua jenis, untuk kelas eksekutif akan mendapat sebesar 25% setiap hari, sedangkan untuk kelas bisnis dan ekonomi sebesar 50% setiap harinya.

3. Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia
Anggota veteran perlu mendaftarkan terlebih dahulu kartu anggota LVRI, dan kartu tanda siswa atau surat keterangan pendidikan TNI agar bisa menklaim reduksi tarif ini. Besarnya diskon atau reduksi tarif yang bisa didapatkan oleh anggota legion veteran republik Indonesia ini sebesar 30% pada hari Jumat dan Senin, dan diskon 50% untuk hari Selasa dan Kamis. Reduksi tarif bagi para veteran ini berlaku untuk semua kelas kereta.

4. Anggota Polri Aktif atau Siswa Pendidikan Polri
Anggota selanjutnya yang juga berhak atas tiket kereta api dengan reduksi tarif adalah anggota Polri, atau siswa yang berpendidikan Polri. Sama seperti anggota TNI, anggota golongan ini juga perlu mendaftarkan terlebih dahulu kartu anggota Polri atau surat keterangan siswa pendidikan Polri. Besar reduksi yang akan didapatkan untuk kelas eksekutif sebesar 25%, sedangkan untuk kelas bisnis dan ekonomi mendapatkan diskon sebesar 50%.

5. Wartawan
Bagi wartawan yang menggunakan kereta api sebagai transportasi untuk tugas peliputan, perlu menunjukan surat tugas yang masih berlaku saat pembelian tiket di loket. Untuk menklaim tiket reduksi ini, wartawan juga memerlukan registrasi terlebih dahulu ke customer service. Khusus untuk wartawan, reduksi tarif hanya berlaku untuk kelas bisnis dan ekonomi, besarnya reduksi tarif yang bisa didapatkan adalah 20% setiap harinya.

Registrasi tiket kereta api ini bisa melalui aplikasi KAI Access untuk memudahkan calon penumpang mendapatkan tiket reduktif, bagi yang sudah memiliki aplikasi, bisa mengupdate untuk mendapatkan menu layanan reduksi tarif. Kebijakan terbaru dari PT. KAI ini berlaku untuk perjalanan mulai dari 1 September 2019. Apabila hingga saat ini belum melakukan registrasi, tidak perlu cemas karena VP Public Relations KAI menekankan bahwa KAI tidak menerapkan batas waktu untuk registrasi.
Load disqus comments

0 komentar